Lowongan Kerja Baru: Caleg


Kartun calegPemilu tinggal beberapa hari lagi, tepatnya 9 April 2009. Banyak orang berlomba-lomba mendaftarkan diri untuk menduduki kursi legislatif. Sekian ribu orang seluruh Indonesia memasang tampangnya di pinggir-pinggir jalan. Mereka seolah begitu percaya diri bahwa rakyat akan memilih dirinya. Kita seolah disuguhkan sebuah fenomena narsisme yang begitu masif dan menyesaki ruang publik.

Menjadi calon legislatif lantas kelak dilantik sebagai anggota legislatif tampaknya menjadi idaman banyak orang di negeri ini. Begitu banyak partai hingga berjumlah 38 ditambah 6 partai lokal di Aceh. Saking banyaknya, partai-partai itu seolah menjadi wadah yang besar sehingga semua orang dari berbagai kalangan bisa masuk. Wadah itu menjadi tempat penampungan ambisi orang-orang yang ngebet meraih kursi anggota dewan.

Karena banyaknya partai itu pula, maka para petinggi partai pun kesulitan menjaring para caleg yang berkualitas, terutama untuk caleg di tingkat kabupaten/kota. Betapa tidak, para caleg yang berkualitas biasanya sudah merapat lebih dulu ke partai-partai besar yang lebih menjanjikan. Sementara partai-partai gurem yang pendatang baru, atau pendatang baru tapi berwajah lama, memang kurang begitu dikenal oleh masyarakat. Tak ayal, partai-partai itu gurem pun terkesan asal comot saja dalam mendaftarkan para calegnya untuk bertanding di Pemilu 2009.

Hal ini tentu saja sesuai dengan kebiasaan yang terjadi dalam dunia kerja. Semakin banyak peluang, semakin banyak pula orang yang bisa mengambil peluang itu, dan persaingan pun semakin longgar. Dengan kata lain, semakin kecil pula kualitas orang yang terjaring. Namun jika peluang kecil, maka semakin sedikit pula orang yang terjaring, dan persaingan pun semakin ketat. Dengan kata lain, penjaringan pun semakin ketat sehingga orang-orang yang terpilih relatif lebih berkualitas.

Selama postur kepartaian di negeri ini masih saja besar, maka selama itu pula akan bermunculan caleg-caleg yang tidak berkualitas. Karena peluang menjadi caleg terbuka lebar, maka orang-orang pun berduyun-duyun mendaftarkan diri. Menjadi caleg seolah sekarang menjadi profesi yang diidam-idamkan. Menjadi caleg seolah lowongan kerja baru yang menyedot perhatian sekian banyak orang.

Terus terang, saya khawatir, orang-orang yang menjadi caleg itu memang sebenarnya bertujuan untuk mencari kerja. Terdapat semacam keinginan untuk mengubah nasib menjadi lebih baik. Atau mungkin saja untuk menerapkan aji mumpung yang telah mereka pelajari sejak Orde Baru. Mumpung jadi anggota legislatif, maka pergunakanlah kesempatan sebaik-baiknya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Mungkin juga sebenarnya mereka memang sudah menanti-nanti kesempatan sejak lama untuk ikut berkorupsi ria seperti DPR sekarang ini. Jika selama ini mereka hanya penonton atas tingkah orang lain yang berkorupsi ria dan menjadi kaya, maka mereka pun ingin melakukan hal yang sama. Jika selama ini mereka berteriak-teriak anti korupsi, hal itu lebih karena mereka tidak memiliki kesempatan yang sama saja. Jika ada kesempatan, mungkin mereka justru lebih gila dalam melakukan korupsi.

***
Sebagai contoh, mari kita lihat profil para caleg di tempat tinggalku sekarang. Ada seorang tetanggaku yang juga kini menjadi caleg. Sebut saja namanya Kahrudin Ia adalah seorang pedagang tempe yang biasa mengantarkan pesanan tempe ke warung-warung di kecamatanku dan berbagai kecamatan tetangga. Dengan motor bututnya, ia pun mengelilingi kecamatanku dan sekitarnya demi menghidupi anak dan istrinya.

Sebagai anak muda, ia juga sering begadang dan mabuk bareng bersama teman-teman pemuda. Terkadang kegiatan begadang itu diselingi dengan berjudi dengan main kartu. Untung saja, sekarang pemerintah setempat telah melarang peredaran miras hingga sang caleg pun kesulitan menyalurkan hobi mabuk dan judinya. Beberapa waktu lalu, memang banyak korban berjatuhan usai pesta miras.

***
Lain lagi dengan tetanggaku yang juga sekarang menjadi caleg dari partai yang mengaku partai wong cilik. Biar saya tidak dianggap mencemarkan nama baik, kita sebut saja namanya Wahyono. Ia memang telah lama berkecimpung di partai dan menjadi pengurus tingkat kabupaten. Sebelum secara resmi terdaftar sebagai caleg, ia adalah seorang distributor besar minuman keras. Namun demi menjaga nama baik dan meraih simpati rakyat, ia menghentikan usaha sebagai juragan miras itu. Apalagi sang kapolsek juga mengancam akan membongkar kasusnya, jika ia tidak berhenti berdagang miras.

Namun terus terang, saya tidak tahu persis usahanya yang sekarang. Namun yang jelas, ia termasuk orang kaya di tempatku. Mobilnya ada dua dan motornya ada tiga. Sebagai seorang kaya, ia memiliki istri simpanan, seorang mantan PSK yang kini telah naik pangkat menjadi seorang germo. Sang caleg sendiri adalah mantan pelanggan sang istri simpanan saat masih aktif menjalankan tugas tidak mulianya sebagai seorang PSK. Dari hasil hubungannya itulah, ia memiliki seorang anak.

Sebagai orang yang suka bergaul dengan anak muda, sebelum jadi caleg ia juga suka main kartu di warung di depan rumahnya. Tentu saja, ia bermain kartu dengan imbalan uang. Ya, judi kecil-kecilan. “Kalau nggak ada uangnya, nggak rame,” begitu alasan mereka saat pernah kutanyakan. Saat musim kampanye tiba, ia pun sering mengadakan pertemuan di rumahnya hingga larut malam. Sayang sekali, istrinya agak pelit untuk menyediakan kopi dan rokok bagi anak-anak muda yang nongkrong di rumahnya. Lama kelamaan, sebagian anak muda, terutama mereka yang tinggal di sekitar rumahnya, mulai menjauh dan malas berkumpul di rumahnya.

***
Ada lagi seorang caleg antik yang sebut saja bernama Superman. Selama ini ia berprofesi sebagai seorang tukang pijit keliling. Dengan mengendarai sepeda onthel kebanggaannya, Superman beberapa kali mampir ke warung fotokopi dan rental komputer yang ada di depan rumahku. Aku pun sempat berbincang-bincang dengan tokoh satu ini. Pada pemilu 2004 silam, ia menjadi seorang pengurus sebuah partai yang menggunakan jargon bersih, peduli, dan profesional. Meski menjadi pengurus kecamatan dari sebuah partai yang berasaskan Islam, Superman tidak pernah shalat. Paling kalau pun melakukan shalat, itu pun ia lakukan di saat shalat Jum’at saja. Lumayan, seminggu sekali.

Kini caleg tukang pijit ini mewakili sebuah partai gurem yang didirikan oleh seorang putri jenderal pahlawan. Mungkin daripada tidak ada yang mengisi, akhirnya Superman ditaruh sebagai caleg di daerah pemilihan (dapil) yang mewadahi tempatku. Kemungkinan besar, ia memang tidak terpakai lagi di partai sebelumnya yang kebanyakan beranggotakan kaum santri perkotaan. Sementara Superman sendiri tidak pernah shalat. Wajar saja jika ia kemudian ditolak jadi pengurus dan menjadi caleg dari partai Islam tersebut.

Saat gadis pembantu di rumahku melintas, ia pun bertanya padaku, “Pak, dia sudah punya pacar belum? Boleh nggak saya pacaran sama dia?”

Waduh! Aku langsung berfikir, “Gimana nanti jika ia sudah jadi anggota legislatif?! Berapa banyak perempuan yang akan ia pacari?! Belum apa-apa aja sudah menebarkan ranjau cinta ke pembantuku.”

Saat kutanyakan kepada sang pembantu, “Kamu mau nggak jadi pacar si caleg itu?”

“Nggak mau, Pak! Emoh!” jawab si pembantu tegas.

“Lho, kok nggak mau? Dia kan caleg. Sebentar lagi kaya lho?” tanyaku dengan nada bercanda.

“Pokoknya, emoh!” sungut Juminten sembari berlalu.

***
Ada lagi caleg lain yang dulu pernah menjadi muridku saat aku mengajar sebagai guru honor di sebuah SLTA di kampungku. Dengan takzim, Sukardi, sebut saja namanya begitu, berkali-kali datang ke rumahku untuk minta doa restu agar berhasil terpilih. Tentu saja, saya mendoakannya. Sang caleg berasal partai yang suka pamer para kyai di berbagai balihonya. Ia memang orang yang sangat percaya diri. Meski tidak memiliki budget besar untuk membiayai kampanye, ia tetap berusaha mengiklankan dirinya. Ia sebarkan fotokopi foto dirinya dalam secarik kertas HVS. Tentu saja hitam putih. Kalau membuat baliho foto dirinya yang full colour, ia tampaknya tak mampu membiayainya.

Saya taksir, umur sang caleg belum genap tiga puluh tahun. Terlalu muda, menurut saya. Apalagi pengalaman berpolitiknya masih sangat kurang. Saat kutanya apa tujuan pokok seorang anggota legislatif, ia hanya melongo tak mampu menjawab. Yah! Ketika mencuat kasus Syekh Puji yang mengawini anak di bawah umur, Sukardi dengan tegas mendukung tindakan Syekh Puji.

“Syekh Puji itu sudah menyumbangkan banyak untuk pesantren-pesantren di Jawa Timur,” begitu salah satu alasannya saat kutanya. Wah!

Sang caleg satu ini berstatus jomblo setelah ia bercerai dengan sang istri yang kabur menjadi TKW di Arab Saudi. Tinggallah sang caleg mengasuh sendirian seorang anak perempuan kecil. Mungkin tidak tahan hidup menduda apalagi ia seorang caleg, ia pun tertarik untuk mencari pasangan baru. Sayang sekali, saat ia menjatuhkan pilihan kepada (lagi-lagi) pembantuku, sang pembantu menolak keras. Sama seperti kepada caleg tukang pijit, Juminten, pembantuku, dengan tegas menolak keinginan caleg untuk memperistri dirinya.

***
Aneh-aneh memang para caleg kita. Ada lagi caleg yang menarik perhatian saya. Sebut saja bernama Rujianto. Ia adalah pensiunan PNS yang pernah menduduki kepala SD dan kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Diknas di kecamatanku. Meski tampaknya, ia berasal dari keluarga kaya dan bergelar haji, ia masih suka meminjam uang kas Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) di desaku. Sebagai bendahara, saya sempat menolak keras permintaan pinjamannya. Hal itu karena saya juga sudah mendengar sepak terjang yang suka menggerogoti uang kas DKM di kepengurusan periode sebelumnya. Namun karena terus-terusan meminta dan juga didukung oleh sang ketua DKM, akhirnya saya pun mengalah dan meluluskan permintaan pinjamannya. Ternyata setelah sekali diberi pinjaman, ternyata sang caleg jadi ketagihan. Ia jadi sering ingin meminjam uang kas DKM. Repotnya, pinjaman-pinjaman itu tak jua dilunasi. Akhirnya, daripada pusing-pusing, saya pun meletakkan jabatan sebagai bendahara DKM. Kini setelah sang tokoh ini menjadi caleg, saya pun berfikir, “Gimana nanti kalau ia jadi caleg? Bisa-bisa ia menjadi seorang tokoh korupsi di garda depan.”

Dengan mengandalkan menantunya yang menjadi orang nomor satu di pemerintahan kecamatan, Rujianto percaya diri ia akan terpilih. Ia berharap sang menantu menggunakan birokrasi untuk mengarahkan rakyat agar memilih dirinya. Namun, kebanyakan orang juga sudah mengetahui bagaimana tingkah polah Rujianto. Hal itu misalnya terjadi saat seorang anak muda tertangkap karena berjualan ganja. Orang tua anak muda itu lantas meminta bantuan Rujianto, yang dianggap sebagai seorang tokoh masyarakat. Bantuan itu dimaksudkan agar si anak muda tidak diproses melalui jalur hukum dan bisa dibebaskan dari sel kepolisian. Namun apa yang terjadi? Meski sudah diberi uang sekian juta, si anak muda tak jua bisa dibebaskan oleh Rujianto. Uang itu pun bablas angine.

16 Tanggapan

  1. salam dari bandung
    saya terharu membaca artikel anda, good banget sob

    Doa politik kaum jelata

    Tuhan
    Orang-orang tak lagi percaya keadilan
    di negeri ini karena tiap hari di suguhi kerak nasi

    Tuhan
    tiap tahun kami membayar pajak tapi orang miskin, anak terlantar, dan pelacuran makin
    subur di negeri ini.

    Tuhan
    Betapa naifnya hidup di negeri ini, kami rakyat kecil diajak berhebat, tidak korupsi, jujur, mencintai negeri ini dengan segenap jiwa dan raga, mencintai produk dalam negeri seperti pesan “penghibur rakyat” di iklan politiknya di TV.

    Tapi, mereka tertidur seperti bayi, ada yang sibuk ber sms, menelpon diasaat rapat memperjuangkan hak-hak kami sebagai rakyat di parlemen dan lebih kejam lagi mereka menghambur-hamburkan pajak yang kami bayar, mereka pergunakan ke panti pijit dengan alasan merilekskan pikiran, main perempuan (mungkin karena istrinya sudah tua dan sibuk arisan), dan bermain judi.

    Tuhan
    Ada juga yang nekat jadi calo/broker misalnya calo politik, calo proyek, calo bencana, calo pemekaran wilayah seperti berita di Koran, apa gaji mereka tidak cukup sampai mereka begitu kejam melakukan hal tersebut. Padahal di negeri ini banyak sarjana menganggur dan relah bekerja apa saja karena susah dapat pekerjaan.

    Tuhan
    Penguasa di negeri kami memang tidak semua suka berbuat keji dan hina, tapi kami tidak punya kuasa untuk menandai wajah mereka, mana yang baik dan buruk

    Tuhan
    Kalau Engkau tidak memberi kami petunjuk untuk membedahkan mana pemimpin yang hanya pandai menjual kecap dan mana yang tulus, jangan salahkan kami, kalau terpaksa kami menantang fatwa MUI untuk golput

    http://esaifoto.wordpress.com

    Wah, nada tulisannya pesimis banget. Meski memang negeri ini banyak masalah, saya tetap berharap suatu saat ada perubahan.
    Tulisan saya sebenarnya juga hendak menandai siapa caleg yang tak layak untuk dipilih. Saya yakin masih ada caleg yang “waras”. Jadi aku sekarang tak perlu golput.

  2. Jangan kada ingat, tanggal 12 april 2009 jam 10 pagi ada undangan kopdar pahuluan di warnet raja parak KFC kandangan….

    Waduh! Handak banar saurang bulik nah tarus umpat Kopdar. Tapi, kayapa nah? Jauh banar di banua urang. Salam haja gin sagan kakawanan di Pahuluan.

  3. sejak “lowongan kerja caleg” dibuka, rumah sakit jiwa juga sudah mempersiapkan diri semaksimal mungkin, karena tak lama lagi akan banyak penghuni baru… hehe…🙂

    Iya, nih. Caleg itu tidak hanya berarti calon legislatif, tapi juga calon leg-log. Kalau sudah leg-log gara-gara tak terpilih, Uda Vizon bisa bantu mengantar ke RSJ.

  4. oleh karena itu
    dibutuhkan kepedulian dan ketelitian kita
    dalam memilih wakil rakyat
    jangan pilih POLITISI BUSUK!!!!

    Setuju banget, Lae. Jangan pilih politisi busuk!

  5. Waduhhh kalo begini, kapan Indonesia maju nya pak…

    Indonesia memang sedang belajar berdemokrasi. Saya tetap memelihara keyakinan bahwa kelak negara ini menjadi lebih baik.

  6. Ini memang peluang baru di dunia “lapangan kerja” Indonesia yang menggejala setiap lima tahun sekali akhir-akhir ini. Pantas tak pantas, memenuhi syarat tak memenuhi syarat, wong namanya eforia. Sedang belajar berdemokrasi. Meski akhirnya jadi kebablasan.

    Kahrudin, Wahyono, Superman, Sukardi, Rujianto, adalah wayang-wayang yang sedang mempertaruhkan hidupnya di atas panggung pagelaran wayang politik Indonesia. Layak tak layak, namanya mencoba. Tapi akhirnya lebih pantas jadi pelawak (yang tak lucu) ketimbang pagelaran wayang itu sendiri.

    Namun begitu, kurasa rakyat pun tak bodoh-bodoh amat. Tau apa yang mesti diperbuat, diminati, dan dipilih.

    Hanya saja nih, Mas, kok ya Juminten itu kerap kali ditaksir caleg itu lho? Apakah selera caleg sekarang itu ya seperti si Juminten itu? Hahahaha!

    Mas Dan nggak ingin ikut caleg, paling tidak di Kampung Blagu?
    Juminten itu emang nggak jelek-jelek amat, sih, Mas Dan. Ya, sedikit di bawah Luna Maya, dan di atas Mak Lampir. Sebenarnya, saya mau mengajukan proposal Juminten Calon Istri untuk Mas Dan. Tapi, karena selera Mas Dan tidak seperti caleg-caleg itu, ya akhirnya tidak jadi saya kirimkan proposal itu. Wakkakakk.

  7. Nanti mereka mau ga digaji 2 juta sebulan ya tanpa tunjangan, biar lebih merakyat

    Ya, mana mereka mau, Shaleh! Para caleg itu kan ingin memperbaiki taraf hidup mereka. Masak gajinya cuma 2 juta sebulan! Untuk modal buat kaos aja nggak cukup.

  8. hehehe … pengalaman mas rache kok hampir sama dg saya. beberapa waktu yang lalu, ada juga mantan murid saya yang datang dg tim suksesnya, mohon doa restu dan dukungan. sebagai guru yang baik *halah* tentu saja saya merestui dan mendukungnya. sayangnya, yang mohon restu ada tiga orang. sama2 mantan murid. terus pilih yang mana? duh, malah jadi bingung. apa enaknya ndak nyontreng sekalian, mas rache, hehe …

    Sebagai guru yang baik, Pak Sawali harus ngasih tahu, dong: “Nggak usah jadi caleg aja, deh, kalo belum siap!”
    Emang gak perlu dicontreng jidat caleg. Ntar marah lagi.

  9. hahaha…
    saya menikmati saja tulisan ini dari awal hingga akhir.
    memang ramai tingkah polah manusia di bursa caleg ini. dan seperti kata DM, rakyat pun tak bodoh-bodoh amat menilai kondite setiap peserta. mudah-mudahan lebih banyak lagi caleg yang berkualitas dibandingkan yang tidak.

    saya jadi berpikir, kenapa kita (lebih tepatnya partai) tidak memberlakukan fit and proper test untuk menetapkan para caleg mereka, ya?

    salam buat juminten ya, mas? kirim aja proposalnya ke mas DM, dia mesti mempertimbangkan. nggak ada salahnya dicoba tho, mas? hihi…

    Emang antik-antik caleg kita. Pasti di daerah lain tidak kalah antiknya. Tapi, soal fit and proper test, memang tampaknya tidak dilakukan oleh partai-partai, terutama partai gurem, yang ada di tingkat kecamatan di daerah pelosok seperti tempatku. Gimana mau fit and proper test, ada caleg aja sudah syukur. Tampaknya tujuan adanya caleg-caleg nggak mutu itu, memang untuk memecah suara. Mereka justru dibiayai oleh partai penguasa karena tidak ingin suara jatuh kepada orang-orang tertentu yang kritis terhadap penguasa.
    Tentang Juminten, insya Allah, salamnya kusampaikan. Hari ini ia tidak kerja, Minggu. Proposalnya? Kayaknya, aku harus coba kirimkan ke Mas DM, deh. Wakakkak.

  10. mas racheedus, di kampung blagu mah si DM tidak mengincar posisi caleg lagi, tapi presiden! catet!

    Oh, jadi ngincer calon presiden, to. Tapi yang jadi ibu negaranya siapa? Juminten? Hi…hi…

  11. Jadi … harus milih siapa Mas?

    Karena itulah, saya masih belum menentukan kepada siapa pilihan saya. Ada yang integritas moralnya bagus, tapi kemampuan politik dan diplomasinya jelek. Ada yang keberanian dan kemampuan politiknya bagus, tapi integritas moralnya rendah. Tapi, bagaimanapun, saya tetap berusaha memilih yang terbaik menurut saya.

  12. Pemilu kali ini saya pernah ditawari jadi bacaleg
    Tapi saya menolak
    Karena saya sudah betah dengan pekerjaan saya yg lama🙂

    Lho, kenapa nggak dicoba, Kang? Barangkali ada pengalaman baru yang menarik. Hi…hi..

  13. hehehhehe nice post …
    semoga saja grogol , kentingan , pedurungan ga penuh setelah selesai pemilu hehehhe.

    Justru kemungkinan besar jadi penuh, Mas Jamal. Gimana nggak edan, sudah banyak modal keluar, hutang sana-sini, eh ternyata nggak menang?!

  14. Klo jadi anggota dewan dianggap sebagai jalan cari duit, welah, memiriskan. Mungkin perlu disimak postingan ini juga:
    http://awamologi.wordpress.com/2009/04/06/ilmu-dulu-baru-berpolitik/

    Emang jadi anggota dewan, biar dapat kerja, daripada nganggur. Para pensiunan kan banyak jadi caleg.

  15. lowongan “calon istri” ada gak mas🙂

    Banyak, Ukhti Ade (Ah, saya seperti memanggil istriku sendiri yang memang biasa dipanggil Ade). Tapi, belum tentu mereka sesuai dengan keinginan Ade.
    Beberapa waktu lalu, sebelum pemilu, seorang teman waktu di pesantren dulu dan kini jadi caleg DPR RI dari partai “pojok kanan atas” menyatakan ingin mencari istri (lagi).

  16. Sebentar lagi dibuka lowongan Calon Presiden, mas. Untungnya ga disebutkan “diutamakan yang berpengalaman” hehehehe…bisa2 gak ganti2 nanti orangnya…yang itu2 mulu aja…

    salam kenal, mas…🙂

    Bener, sebentar lagi ada lowongan calon presiden. Iya, ya, untung nggak ada persyaratan “diutamakan yang berpengalaman”. Tapi, menurutku memang harus ada persyaratan, “diutamakan yang berpengamalan” biar nggak cuma bisa ngomong doang, tapi juga mengamalkan apa yang diomongkan. Jangan hanya bisa berjanji doang, tapi juga bisa mengamalkannya janjinya.

    Salam kenal juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: