Sheila Marcia


Sheila Marcia

Sheila Marcia

Dalam sebuah acara infotainment di sebuah stasiun televisi, artis Sheila Marcia Joseph (20) mengungkapkan perihal kehamilannya yang di luar nikah. Dengan santai, artis yang membintangi film Hantu Jeruk Purut (2006) itu menyatakan bahwa kehamilannya adalah kehendak Tuhan. Kalau Tuhan tidak menghendaki, tentu tidak akan terjadi kehamilan pada dirinya. Ia justru bersyukur bisa hamil karena hal itu menunjukkan bahwa ia perempuan seutuhnya.

Sekilas, tak ada yang aneh dari pernyataan itu. Tapi mari kita renungkan lebih lanjut. Tuhan memang Maha Kuasa. Semua peristiwa dan setiap gerak-gerik manusia di alam semesta ini berada dalam kekuasaan-Nya. Namun bukan berarti manusia lantas laksana robot yang tindak-tanduknya sudah diprogram sedemikian rupa oleh si pembuatnya. Apapun yang diperbuat manusia secara sadar, ia juga bertanggung jawab atas perbuatan itu. Manusia memiliki akal pikiran untuk menentukan perbuatan yang akan ia lakukan.

Salah satu pil pahit yang harus Sheila telan setelah kehamilannya adalah batalnya rencana pernikahannya dengan Delano Ezar, atlet basket asal Bali. Padahal rencana pernikahan itu sudah sedemikian mantap. Bahkan foto pre wedding pun sudah dibuat di sebuah pantai di Bali. Tentu saja bisa dimaklumi jika Delano membatalkan pernikahannya dengan Sheila. Ia tentu tidak rela menikahi perempuan yang sudah hamil duluan oleh lelaki lain.

Pembatalan pernikahan dengan Delano ini adalah yang kedua kali dialami Marcia. Sebelumnya, rencana pernikahan Sheila dengan Roger Danuarta juga dibatalkan meski undangan dan baju penganten sudah dibuat. Pembatalan itu diputuskan oleh keluarga Roger tak berselang lama usai Sheila Marcia tertangkap basah sedang pesta shabu di apartemen Golden Sky Pluit bersama 4 orang temannya pada (4/8/2008).

Saat sebuah perbuatan buruk dilakukan, manusia tidak bisa seenaknya menyatakan bahwa perbuatan itu adalah kehendak Tuhan. Jika pernyataan itu dibenarkan, maka hal itu sama saja menuding bahwa Tuhan tidak Maha Suci, karena Ia menghendaki perbuatan buruk. Betapa enaknya para penjahat jika saat mereka tertangkap melakukan kejahatan, mereka mengatakan bahwa perbuatan jahat itu adalah kehendak Tuhan.

Manusia memang sering membawa-bawa nama Tuhan saat mereka tersandung masalah. Padahal saat awal masalah itu mereka perbuat, mereka tidak mengingat Tuhan bahkan mereka menentang apa yang Ia larang. Saat masalah itu menjadi besar dan menyudutkan dirinya, lucunya manusia baru mengingat Tuhan dan menyatakan bahwa itu adalah kehendak-Nya.

Sheila juga mengklaim kehamilannya yang di luar nikah sebagai anugerah Tuhan dan pertanda dirinya sebagai perempuan seutuhnya. Betulkah demikian? Bagi saya, suatu anugerah Tuhan tentu diberikan dengan cara yang suci dan baik, karena Tuhan memang Maha Suci dan Maha Baik. Harta yang diperoleh dengan cara mencuri bukanlah anugerah Tuhan, namun musibah dan kutukan dari-Nya. Berhubungan seksual sebelum Tuhan membolehkan dalam rumah tangga yang sah, adalah sama saja tindakan pencurian.

Selanjutnya, kehamilan bukanlah pertanda perempuan seutuhnya. Sungguh kasihan dan sangat tidak adil bagi para perempuan mandul jika kehamilan dianggap sebagai pertanda keperempuanan seutuhnya. Perempuan yang mandul pun tetaplah perempuan. Tak berkurang eksistensinya sebagai perempuan jika ia tidak bisa hamil. Kehamilan memang hanya bisa dialami perempuan. Namun tidak semua perempuan bisa hamil.

Di usianya yang masih belia dan karier yang lagi meroket, Sheila justru merusak sendiri masa depan dan kariernya dengan pesta narkoba. Belum selesai masa penahanannya karena kasus narkoba itu, ia kembali berulah dengan seks bebas hingga hamil di luar nikah. Tak urung, ia pun kini harus menjalani hari-hari kehamilannya di balik jeruji penjara yang pengap. Sungguh, merupakan potret buram yang tak elok untuk dijadikan contoh.

28 Tanggapan

  1. emangnya tuhan ikut mabuk ya…

    sak penake ae mbawa nama tuhan 😀

  2. Tuhan memang Maha Kuasa,tetapi kalo maksat dilakukan bukan tuhan berkehendak iblis dan setan yang bicara . manusia harus dapat mengendalikan hawa napsu

  3. “kehamilannya adalah kehendak Tuhan” bagus sekali pernyataannya. tapi dia tidak konsisten dengan peryataan lainnya, “kenyang adalah kehendak Tuhan”, namun waktu lapar dia harus mencari uang dan makan. Miskin atau kaya adalah kehendak Tuhan, namun mengapa ia tetap bekerja?

  4. Apa yang kita tanam itulah yang kita tuai

  5. Sebab dan akibat, hukum tidak tertulis yang mewarnai hidup manusia. Sering kita menyalahkan takdir apabila sesuatu buruk/musibah menimpa kita, tapi kita lupa bahwa mungkin kejadian buruk/musibah yang menimpa kita merupakan akibat dari perbuatan yang dulu pernah kita lakukan. Wallahua’lam.

  6. Hehehehe. dunia semakin aneh saja.
    Tuhan ikut dibawa2 soal keburukannya, maling bisa berdalih saya mencuri karena ditakdirkan tuhan hahahahahaha. jadi apa guna hidup didunia ini ? jika semua sudah dipatenkan, apa guna akal diberikuan kepada manusia ?. ibarat teko , air dan gelas. air di teko tidak akan berpindah ke gelas jika tidak dituangkan, sebagaimana keras usaha kita berdoa kepada tuhan. karena prinsipnya tuhan tidak akan meelawan hukum alam (sunnatullah) yg DIA tentukan. kecuali untuk sebuah keajaiban(mukjizat).
    sekalian saja gugat tuhan, kenapa tuhan membiarkan ada peperangan,tuhan membiarkan ada kelaparan padahal tuhan maha pengasih dan penyayang.

  7. Kalau dia mengatakan itu anugerah krn akhirnya dia menyesali, dan mau merubah hidupnya mungkin masih bisa diterima.

    EM

  8. Yah,,itulah tanda2 kebesaranNya,,mengingkari nikmatNya dan melakukan laranganNya yaitu berzinah.
    Naudzubillah

  9. Astaghfirullah,Nauzubillah,,,jangan sampai Mel mengalami kaya; gitu

  10. memangnya tidak ada kata lain untuk menutupi dosanya po lantas membawa mbawa nama Tuhan trus perempuan seutuhnya tuh memang kalo bisa Hamil enak saja di itu punya morl nggak yah….
    Lantas pada saat dia pesta narkoba dia juga bilang itu kehendak Tuhan
    waduh kalo banyak yang hamil pra nikah karena Anugrah bagaimana jadinya dunia
    mudah mudahan kita dan saudara 2 kita terselamatkan dari hal hal tersebut

  11. benar-benar tidak ada simpatiknya saya kalau liat berita yang satu ini, makanya langkah pertama yg dilakukan kalau ngeliatnya adalah pindah channel, dari pada ngomel tak karuan …
    😦

  12. orang yang aneh…kok bisa2nya mengeluarkan statemen seperti itu bawa nama2 tuhan pula 😦

    gak kebayang rusaknya generi muda ya mas *aku kok sok tua ya:P*
    tapi beneran deh berapa banyak sih perempuan sekarang SMP dan SMU yang masih blom terkontaminasi dengan free sex…jawabnnya mungkin bisa mencegangkan 😦

  13. ada benernya juga, semua kehendak Tuhan, tanpa kehendak Dia janin itu tidak akan bisa berbuah menjadi bayi walau itu hasil dari perbuatan yang dilaknat Tuhan.
    Semoga kapok dia…

  14. sungguh keblinger siapa pun yang berpendapat seperti sheila marcia itu. Tuhan menjalankan sunnah-Nya, pasti juga berdasarkan hukum kausalitas. kok bisa ya demikian bangganya dia berujar kalau kehamilan itu atas kehendak Tuhan. kenapa Tuhan dibawa2 setelah dia hamil, bukan pada saat dia berbuat, hehe …

  15. benar sekali… ini adalah potret buruk yang elok untuk dijadikan contoh…

    dunia keartisan adalah dunia pencitraan. para pelakunya akan berusaha sekuat apapun untuk tetap mempertahankan citra diri mereka, termasuk membawa-bawa Tuhan dalam perbuatan buruknya… kasian amat… 😦

  16. Hehe :), lucu masa ada yg nyebut prbuatan maksiat itu kehendak Tuhan..
    Kita ini tdk sprti malaikat yg sdh trprogram oleh Allah. Kita ini makhluk ber-nafs, makhluk yg kreatif, apa saja yg kita inginkan bisa kita lakukan. Maka dr itu smua yg kita perbuat ada prtanggung jawaban’a……

  17. Hehe :), lucu masa ada yg nyebut prbuatan maksiat itu kehendak Tuhan..
    Kita ini tdk sprti malaikat yg sdh trprogram oleh Allah. Kita ini makhluk ber-nafs, makhluk yg kreatif, apa saja yg kita inginkan bisa kita lakukan. Maka dr itu smua yg kita perbuat ada prtanggung jawaban’a……
    Seila Marcia tak paham akn hal itu

  18. Wah, wah, wah….
    Sheila Marcia dengan mudahnya menyatakan kehamilan adalah anugerah Tuhan. Betapa tegarnya dia.
    Jikalau perempuan di dunia ini meniru Sheila Marcia, yang ada juga bencana menimpa seluruh alam ini.
    Kalau semua manusia sudah berpikiran seperti itu, berarti orang tidak ada bedanya dengan orang utan donk.
    he.. he… he…. 🙂

  19. Wah, wah, wah….
    Sheila Marcia dengan mudahnya menyatakan kehamilannya (tanpa suami) adalah kehendak Tuhan. Betapa tegarnya dia.
    Jikalau perempuan di dunia ini meniru Sheila Marcia, yang ada juga bencana menimpa seluruh alam ini.
    Kalau semua manusia sudah berpikiran seperti itu, berarti orang tidak ada bedanya dengan orang utan donk.
    he.. he… he…. 🙂

  20. wanita penuh kontroversi nih..
    he3x…

  21. Duh, dia’x kok bawa2 Tuhan gitu sih…
    Kalo kehamilan yang ia dapet kan sebenernya bisa dicegah kalo dianya gak berbuat hal yang dilarang ama Yang Diatas…
    Jangan dijadikan pembenaran gitu donk….

    *Itu menurut saya 😀

  22. Kedal ing rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

  23. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

  24. saat membaca di salah satu web tentang sheila, saya pun tidak habis fikir ..
    bagaimana mungkin, seorang gadis bisa dengan tenang dan bangganya memberikan pernyataan yang seakan2 adalah hal yang normal .. ditambah lagi dengan pernyataan ibunya .. yang sepertinya menganggap itu hal yang sangat biasa ..
    kalo ibuku tuh .. wis nangis2 menyesali diri gak bisa menjaga anak perawannya dan wis ta’ digiles2 aku ..

    Iklan Baris

  25. manusia spt sheila jg klgnya…adalah manusia yg tdk mengnal hakekat penciptaan manusia itu sendiri..
    biar hukum Allah yg bicara nanti..

  26. dasar saya kurang gaul. membaca judulnya saya pikir ini adalah artis hispanik atau filipina. taunya artis indonesia.

    wah, hebat betul statement-nya. bener, mas. giliran salah selalu mengatasnamakan kehendak tuhan. tapi saat melakukannya tidak ingat tuhan. itu namanya egois.

  27. # suryaden
    Yah, namanya juga sedang kepepet.

    # kabol
    Begitulah, manusia memang suka cari-cari pembenaran atas kesalahan dirinya.

    # adipati kademangan
    Orang lagi kalut, mungkin konsistensi berfikir pun jadi diabaikan.

    # hanif
    Siapa menanam angin, dia akan menuai badai.

    # Jafar Soddik
    Takdir memang kambing hitam yang paling mudah dituding saat keburukan atau musibah terjadi pada diri kita. Wallahu a’lam.

    # Jamal
    Yah, namanya anak masih muda. Mungkin Sheilla memang harus lebih mendalami tentang konsep Tuhan dan takdir-Nya.

    # Ikkyu_san
    Mudahan saja ia kelak menyesali dan mau merubah hidupnya, Bu.

    # online online
    Semoga kita terhindar dari perbuatan-perbuatan buruk yang Ia larang.

    # mel
    Mudah-mudahan, Mel. Jangan sampai hal itu terjadi pada diri Mel. Amin.

    # genthokelir
    Mungkin, hamil di luar nikah adalah persoalan sepele bagi mereka, bahkan tak perlu malu mengaitkan dengan Tuhan.

    # pakacil
    Kalau heboh, kan bisa meningkatkan popularitas bagi sang artis, Pakacil.

    # Ria
    Kalau nggak aneh, kan nggak terkenal, Ria, dan nggak diliput oleh infotainment.

    Mungkin memang jumlahnya sedikit, remaja yang masih bisa menjaga kehormatan dirinya. Paling tidak, kita dan keluarga berupaya sekuat tenaga untuk tetap menjaga kehormatan diri.

    # antokoe
    Ya, semoga Sheilla bisa mengambil hikmah dari perbuatan yang ia lakukan.

    # Sawali Tuhusetya
    Tuhan biasanya memang diingat saat susah saja, Pak Guru. Saat enak dan nikmat, Tuhan pun dilupakan.

    # vizon
    Tampaknya sang artis berupaya agar citranya tidak anjlok sehingga membawa-bawa nama Tuhan.

    # Afif
    Emang lucu, Mas Afif. Tapi begitulah dunia artis kale.

    # asepsunara
    Yah, mudahan para remaja putrid yang lain tidak mengikuti jejak Sheila.

    # annosmile
    Kontroversi kan juga bisa meningkatkan popularitas, Mas Anno.

    # Zippy
    Karena kehamilan di luar nikah sudah terjadi, ya, jadi dicari-cari alasan pembenaran. Namanya juga artis.

    # KangBoed
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, KangBoed. Simkuring ugi neda dihapunten samudaya kalepatan.

    # KangBoed
    Mohon maaf lahir dan batin juga.
    Saya ucapkan pula, salam cinta damai dan kasih sayang ‘tuk sahabatku

    # Iklan Gratis
    Wah, aja digiles-giles to, Mas. Mesa’ke.

    # budi
    Betul, dalam usia yang masih relatif muda, tampaknya ia memang belum betul memahami hakikat hidup dan penciptaan.
    .
    # marshmallow
    Makanya, gaul, dong, Bu. Tapi, Sheila memang artis blasteran. Bapaknya emang bule.

    Egois kan juga bentuk pertahan diri juga, to, Bu..

  28. Yaaaa…manusia memang sokkk…suka mengkambing hitamkan Tuhan (maaf klo terlalu kasar)…..

    http://www.penuai.wordpress.com

    Manusia memang paling mudah mengkambinghitamkan Tuhan saat ia terjerembab dalam kesalahan yang ia perbuat sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: