Pejabat


clekit-feb0210

Para raja atau ratu, sejak zaman dulu hingga sekarang, niscaya digambarkan sebagai sosok orang yang kaya. Mereka menguasai dan memiliki tanah yang menjadi wilayah kekuasaannya. Para rakyat harus membayar pajak atau sewa kepada raja atau ratu yang notabene sebagai pemilik dari tanah-tanah tersebut. Dalam hal ini, negara menjadi personifikasi sang raja atau ratu, sebagaimana yang pernah dikatakan oleh raja Prancis di masa lalu, Louis XIV, “L`etat, c’set moi.” Negara adalah saya. Pemasukan keuangan negara adalah pemasukan keuangan sang raja. Uang negara adalah uang raja. Tak ayal, raja pun menjadi orang yang sangat kaya raya. Meskipun mungkin rakyatnya sendiri masih banyak terjerat dalam tali kemiskinan.

Dalam konsep negara modern, pemimpin negara bukanlah berarti pemilik negara. Harta kekayaan negara bukanlah harta kekayaan sang raja, namun harta milik seluruh rakyat yang dilindungi oleh undang-undang dasar. Kekayaan negara dipergunakan sebesar mungkin untuk kesejahteraan rakyat dan pembangunan negara. Kalaupun sang pemimpin menjadi kaya, hal itu bukan karena ia memiliki seluruh kekayaan negara, tapi karena ia digaji besar oleh negara.

Selaras dengan pemahaman konsep negara modern tersebut, para pejabat yang menjadi bawahan sang pemimpin negara bukanlah sekumpulan penyamun yang menguras harta negara. Mereka diangkat dalam sebuah jabatan tertentu bukanlah untuk memperkaya diri mereka sendiri. Namun mereka diangkat untuk menjadi pelayan publik, abdi negara, bukan menjadi abdi presiden atau raja. Sebagai pejabat, gaji mereka mungkin lebih besar daripada pegawai biasa. Tapi bukan berarti gaji tersebut cukup untuk membuat mereka menjadi kaya raya.

Sayang sekali, dalam kehidupan di masyarakat, para pejabat masih sering dianggap seperti layaknya para raja di zaman dahulu. Dengan kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki, mereka dianggap pasti kaya. Kehidupan mereka diasumsikan sebagai kehidupan yang enak dengan gelimang harta. Masyarakat menganggap wajar jika para pejabat menjadi kaya raya. Mereka memiliki sekian banyak alat transportasi, rumah, atau tanah, atau bahkan istri. Hal itu pun bukanlah dianggap sesuatu yang tabu. Meski secara relatif, gaji resmi mereka tidak akan cukup untuk membeli seluruh kekayaan tersebut. Secara tidak langsung, masyarakat seolah menganggap wajar jika para pejabat berkorupsi ria.

Dalam praktek di dunia birokrasi, para pejabat itu memiliki kewenangan untuk mencairkan berbagai dana yang bersumber dari negara. Dengan latar belakang konsep berpikir feodalistik, dana-dana itu lantas dianggap sebagai uang pribadi sang pejabat. Ia pun merasa memiliki hak untuk menggunakannya demi kepentingannya pribadi. Meski sebenarnya, dana-dana itu sudah jelas pos dan peruntukannya. Dalam bahasa sebagian kalangan di birokrasi, dana-dana itu dianggap sebagai “uang yang tidak ada ayah ibunya.” Dengan demikian, dana-dana itu pun dijadikan bancakan oleh para pejabat dan kroni-kroninya.

Modus seperti itulah yang membuat sebagian pejabat menjadi bergelimang harta. Para pejabat di zaman sekarang sudah sangat identik dengan sosok kaya nan perlente. Karena saking banyaknya, justru dianggap aneh jika ada pejabat yang tak memiliki mobil atau rumah. Orang-orang seakan tak percaya jika ada para pejabat tinggi yang menjalani kehidupan sederhana seperti mantan Kapolri, Jenderal Hoegeng Imam Santoso, atau mantan Jaksa Agung Baharuddin Lopa. Padahal kehidupan sederhana yang mereka jalani memang sudah sepantasnya. Setinggi apapun jabatan seseorang dalam dunia birokrasi Indonesia, bukan dunia perbankan atau industri, gaji resminya tidak cukup untuk membiayai kehidupan mewah. Jika ternyata mereka bisa menjalani kehidupan mewah, tentu biayanya berasal dari sumber-sumber di luar gaji resmi. Para pejabat dengan kehidupan mewah itulah yang kelak menjadi target operasi KPK.

24 Tanggapan

  1. Pejabat adalah abdi rakyat. bukan sebaliknya, Ingat, mereka tidak akan bisa makan kalau tidak diberi oleh rakyat. Menjadi pejabat adalah amanat rakyat, bukan semena-mena terhadap rakyat. Masih ingatkah cerita dizaman Rasululloh Muhammad SAW. Para sahabat sangat ketakutan saat ditunjuk untuk menjadi pejabat, mereka sadar betul bahwa itu adalah amanah dan tanggung jawab yang sangat besar kelak di akhirat. Ironis memang dizaman sekarang, semua berlomba-lomba ingin menjadi pejabat, bahkan menghalalkan segala cara, seradak-seruduk mencari celah untuk bisa mencuri uang rakyat. Wahai..kau pejabat yang korup, ingat lah, Anda bisa saja selamat dari hukum duniawi, tapi jangan bermimpi bisa selamat dari hukum akhirat kelak.

  2. Ya memang kenyataannya saat ini begitu gan,, penguasa adalah yang berkuasa dan pemimpin negara adalah pemilik negara, semoga makin baik aja negara kita ini.

  3. Sungguh, mereka telah buta.. mereka merasa hebat menjadi pemimpin rakyat, tapi tidak pernah merasa bodoh ketika dipimpin oleh selembaran-selembaran kertas .

  4. kita ga bsa berpatokan dengan kata-kata “tuhan akan membalas”.
    memang hal itu benar.. tp ada baiknya kita melawan meskipun hanya sekelas praktik-praktik kecil.. contohnya pemungutan biaya pada saat membuat ktp.

  5. Oke banget postingannya… jangan bosen bagi wawasannya…

  6. kalau mau kaya bergelimang harta yang aman tanpa di kejar KPK jangan jadi pejabat atau jadi PNS yang sudah tentu gaji perbulannya, jadilah pedagang atau pengusaha yang ulet, rajin & jujur sampai sukses jadi pedagang atau pengusahanya.

  7. Saat ini semua seakan sudah menjadi ‘chaos’ dan penglihatan kita seakan menjadi kabur untuk membedakan mana baik dan mana buruk, dan susah melihat siapa yang bisa dipercaya. Kita mulai dari diri kita sendiri dulu aja deh, ajarkan anak-anak kita kebaikan dan kejujuran serta mendekatkan diri pada Sang Khalik.

  8. mantap mantap gan artikelnya, terus berkarya.🙂 . . .

  9. Saat ini banyak yang bertolak belakang dengan Janji/Sumpah smereka saat di lantik jadi pejabat, semoga saja pemimpin di negara bisa amanah

  10. sekarang banyak pejabat yang bela belaan keluar banyak uang untuk kanmpanye, untuk bisa korupsi uang yang lebih gede..
    bukan bermaksud ingin mensejahterakan rakyat

  11. pejabat yang hanya lapar dengan uang, bukan lapar dengan prestasi…

  12. Jadi pejabat tidak mementingkan masyarakat tapi kebanyakan yang mementingkan dirinya sendiri.

  13. yah kayak gak tau pejabat sekarang gan, makin kaya tuh pejabat perlu dicurigai, katakanlah gajinya perbulan berapa, mungkin puluhan juta, tp mobil berjejer di depan rumahnya, rumahnya pun ada banyak, logisnya klo pejabat itu juga seorang pengusaha masih wajar, tp klo hanya sebagai pejabat , dari mana uangnya ? itu udah jadi rahasia umum, apalagi kalo bukan korupsi..

  14. pola pikir yang menjadi pejabat adalah pemasukan lebih besar, bukan pengabdian…

  15. ya gitu dah namanya pejabat hampir masyarakat sekarang sudah turun kepercayaanya…

    buat teman2 yang mau cari kado unik sialahkan kunjungi http://myloly.com/

  16. jabatan itu merupakan suatu amanah rakyat, yang nantinya bakal dipertanggung jawabkan di akhirat nanti maka bersiap siaplah, wahai para pejabat yang tidak bisa menjaga amanah tersebut,,

  17. kalau kepala negara yang begitu,hancurlah rakyatnya.sementara dia hidup dalam kemewahan tidak memperdulikan rakyat yang telah dia pimpin..ganti kepala negara aja bagusan…
    thanks atas postingannya gan

  18. yuk teman teman mari gabung di poker online http://www.royalflush99.com bermain dengan uang asli via bank bca, bni dan mandiri

  19. mantap nih gan infonya.
    ane ijin share ya gan… http://goo.gl/uabhai

  20. Terimakasih sudah share, keren gan http://goo.gl/dDyxwh

  21. thanks sob untuk postingannya…
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu…
    salam kenal yach…
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/

  22. situs poker online http://www.mentaripoker.com/mentaripk/index.php

    Situs poker online pertama yang anti robot dan cheating. Mentari poker di support bank bca, mandiri dan bni dalam proses deposit dan withdraw. Teraman, Terbaik dan Terpecaya adalah komitmen kami untuk anda pemain poker online di seluruh nusantara

  23. artikelnya mantabb , thanks gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: